Sejak didirikan pada 5 Desember 1933,Unilever
Indonesia telah tumbuh menjadi salah satu perusahaan terdepan untuk produk Home
and Personal Care serta Foods & Ice Cream di Indonesia.
Rangkaian Produk Unilever Indonesia
mencangkup brand-brand ternama yang disukai di dunia seperti Pepsodent, Lux,
Lifebuoy, Dove, Sunsilk, Clear, Rexona, Vaseline, Rinso, Molto, Sunlight,
Walls, Blue Band, Royco, Bango, dan lain-lain.
Selama ini, tujuan perusahaan kami tetap
sama, dimana kami bekerja untuk menciptakan masa depan yang lebih baik setiap
hari; membuat pelanggan merasa nyaman, berpenampilan baik dan lebih menikmati
kehidupan melalui brand dan jasa yang memberikan manfaat untuk mereka maupun
orang lain; menginspirasi masyarakat untuk melakukan tindakan kecil setiap
harinya yang bila digabungkan akan membuat perubahan besar bagi dunia; dan
senantiasa mengembangkan cara baru dalam berbisnis yang memungkinkan kami untuk
tumbuh sekaligus mengurangi dampak lingkungan.
Saham perseroan pertamakali ditawarkan
kepada masyarakat pada tahun 1981 dan tercatat di Bursa Efek Indonesia seja 11
Januari 1982. Pada akhir tahun 2011, saham perseroan menempati peringkat keenam
kapitalisasi pasar terbesar di Bursa Efek Indonesia.
Perseroan memiliki dua anak perusahaan :
PT Anugrah Lever (dalam likuidasi), kepemilikan Perseroan sebesar 100%
(sebelumnya adalah perusahaan patungan untuk pemasaran kecap) yang telah
konsolidasi dan PT Technopia Lever, kepemilikan Perseroan sebesar 51%, bergerak
di bidang distribusi ekspor, dan impor produk dengan merek Domestos Nomos.
Bagi Unilever, sumber daya manusia
adalah pusat dari seluruh aktivitas perseroan. Kami memberikan prioritas pada
mereka dalam pengembangan profesionalisme, keseimbangan kehidupan, dan
kemampuan mereka untuk berkontribusi pada perusahaan. Terdapat lebih
dari 6000 karyawan tersebar di seluruh nutrisi.
Perseroan
mengelola dan mengembangkan bisnis perseroan secara bertanggung jawab dan
berkesinambungan. Nilai-nilai dan standar yang Perseroan terapkan terangkum
dalam Prinsip Bisnis Kami. Perseroan juga membagi standar dan nilai-nilai
tersebut dengan mitra usaha termasuk para pemasok dan distributor kami.
Perseroan memiliki enam pabrik di
Kawasan Industri Jababeka, Cikarang, Bekasi, dan dua pabrik di Kawasan Industri
Rungkut, Surabaya, Jawa Timur, dengan kantor pusat di Jakarta. Produk-produk
Perseroan berjumlah sekitar 43 brand utama dan 1,000 SKU, dipasarkan
melalui jaringan yang melibatkan sekitar 500 distributor independen yang
menjangkau ratusan ribu toko yang tersebar di seluruh Indoneisa. Produk-produk
tersebut didistribusikan melalui pusat distribusi milik sendiri, gudang
tambahan, depot dan fasilitas distribusi lainnya.
PT.Unilever Indonesia telah banyak
melakukan beberapa program CSR (Corporate Social Responsibility) sebagai bentuk
tanggung jawab yang tinggi terhadap masyarakat, secara berkelanjutan tidak
hanya program korporasi tetapi juga pada brand yang merupakan produk rumah
tangga. Sukses Unilever tidak dapat diraih tanpa kepercayaan masyarakat.
Program CSR yang sudah dilakukan
PT.Unilever diantaranya adalah:
• Kampanye cuci tangan dengan sabun
(Lifeboy)
• Program edukasi kesehatan gigi dan
mulut (Pepsodent)
• Program pelestarian makanan
tradisional (Bango) dan masih banyak lagi.
Sementara dalam bidang korporasi, di
bawah payung Yayasan Unilever Indonesia, telah menjalankan tanggung jawab
perusahaannya dalam bidang : Program pemberdayaan masyarakat / UKM (Program
Pemberdayaan Petani Kedelai Hitam), program edukasi kesehatan masyarakat (Pola
Hidup Bersih dan Sehat / PHBS).
JAKARTA
GREEN & CLEAN
Program CSR lainnya yang dilakukan oleh
PT Unilever Indonesia lainnya adalah Gerakan Jakarta Green and cleen (JGC)
yang kegiatannya adalah mengelola sampah menjadi komoditi yang lebih produktif,
misalnya sampah basah yang dahulu tidak berguna dapat diolah menjadi kompos
yang dapat digunakan sendiri atau dapat dijual, sampah kering dapat diolah
menjadi barang kerajinan. Melalui program ini dapat menginspirasi pihak lain
untuk mengelola sampah dengan baik, tidak hanya terkait dengan aspek lingkungan
saja tetapi dapat mengangkat ekonomi masyarakat kecil.
JGC mengelola isu yang sangat strategis,
salah satu yang penting sebagai sasaran JGC adalah membangun resourches dan
memberdayakannya, mulai dari pemberdayaan individu volunteers sebagai
fasilitator, pemberdayaan komunitas, sampai pemberdayaan seluruh stake holders.
JGC dapat dijadikan model yang siap untuk direplika sebagai ikon baru
pemberdayaan lingkungan hidup yang berbasis volunteer dan komunitas. JGC bisa
menjadi sumber inspirasi dan solusi tuntas pemberdayaan bangsa. Sebab bangsa
dengan lingkungan hidup yang rusak berarti kehancuran bangsa itu sendiri.
Program JGC ini merupakan bentuk
keseriusan dan kepedulian sektor swasta terhadap masalah lingkungan khususnya
masalah persampahan, penghijauan dan resapan di Jakarta. Diharapkan melalui
program JGC ini, kepada masyarakat dapat meningkatkan kepedulian untuk
pengelolaaan lingkungan, menggali potensi kreatifitas masyarakat dan
meberdayakan secara poxisisitf, meningkatkan pendapatan msayarakat dari
mengumpulkan sampah dan mendaur ulang sampah, memperkuat kedekatan antar warga
di masyarakat, memunculkan tokoh masyakarat yang peduli sebagai inspirasi warga
lainnya.
Melalui program ini pula, diharapkan
sektor swasta lainya dapat turut ambil bagian dalam program JGC. Dengan semakin
banyak pihak yang melakukan program seperti ini semakin besar pula dampak
positif yang akan dirasakan oleh masyarakat.
Analisis
Melalui berbagai Program CSR yang telah
dilakukan oleh PT. Unilever Indonesia menunjukkan bahwa perusahaan tersebut
sangat memperhatikan dan sangat perduli terhadap kesehatan serta kebersihan
masyarakat Indonesia. Terbukti dengan suksesnya program JGC sangat membantu
masyarakat dalam mengelola lingkungan sehat dan bersih, serta penanggulangan
sampah dimana sampah merupakan masalah yang tak kunjung berakhir. Namun PT
Unilever mampu membuat program yang dapat menanggulanginya. Tak hanya
penangulangan sampah dengan diadakannya program tersebut terciptanya tali
silaturrahmi antar warga serta meningkatkan pendapatan masyarakat. Diharapkan
program ini bisa terus berlanjut bahkan lebih baik lagi. Sehingga kepercayaan
masyarakat terhadap PT Unilever semakin tinggi.
No comments:
Post a Comment